Tentang PESAT Balikpapan

logo-pesat-bpn3.jpgLatar Belakang

Pada hakekatnya, setiap saat, mulai dari janin hingga dewasa, seorang anak berhak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara mental maupun fisik. Masa lima tahun pertama, khususnya masa bayi sampai usia satu tahun merupakan masa yang cukup “rawan”. Pada usia ini anak rentan mengalami gangguan kesehatan. Umumnya memang gangguan kesehatan ringan yang akan sembuh dengan sendirinya dan sebagian besar sudah bisa dicegah dengan program imunisasi. Pemahaman dasar kesehatan anak yang benar akan sangat membantu menentukan masa depan bayi dan balita yang sehat fisik, mental maupun emosional.

Saat ini masih banyak orang tua di Indonesia yang mendapatkan pengetahuan tentang perkembangan anak hanya dari pengalaman orang tua dan kerabat yang telah memiliki anak. Kita percaya bahwa pengalaman adalah guru yang baik, namun demikian, ilmu terus berkembang. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua modern berinisiatif dan bersikap pro-aktif untuk menambah serta menggali pengetahuan tentang tumbuh-kembang anak, mengenal gangguan kesehatan yang kerap menimpa anak (demam, diare, batuk pilek, dst). Dengan demikian diharapkan orang tua dapat lebih memahami sekaligus memantau dan melakukan pengecekan dini terhadap proses tumbuh kembang anak.

Salah satu manifestasi ketidaktahuan kita yang memperihatinkan adalah praktek pemberian obat yang tidak rasional, seperti pemberian antibiotic yang tidak sesuai indikasi dan pemberian puyer atau polifarmasi dalam bentuk lain yang sebenarnya tidak diperlukan. Di seluruh dunia, sudah sejak lama terdapat kekhawatiran terhadap pola pemberian obat khususnya di negara berkembang. Dalam kondisi ini, anak merupakan populasi yang paling rentan terpapar pada obat, baik dari praktek pemberian banyak obat (polypharmacy) maupun dari penggunaan antibiotik secara tidak tepat. Padahal, anak-anak adalah kelompok yang paling rentan terhadap efek samping penggunaan obat. Masalah yang dihadapi memang sangat kompleks karena melibatkan banyak pihak antara lain faktor regulasi, faktor prescriber (dokter), faktor konsumen (pasien), dan industri farmasi.

PESAT – Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orang Tua

Upaya untuk mencerdaskan konsumen kesehatan, khususnya para orang tua adalah salah satu jalan yang dapat ditempuh dan sangat efektif dalam menanggulangi permasalahan tersebut diatas. Salah satu bentuk upaya yang kita galakkan hingga ke penjuru kota di Indonesia adalah melalui Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua (PESAT) yang merupakan rangkaian seminar setengah hari yang menyajikan tema yang ‘mudah dipahami dan perlu’ tentang kesehatan anak. Program ini merupakan bagian dari kegiatan Group Sehat dari Yayasan Orang Tua Peduli. Sejak beberapa tahun lalu, seminar Pesat sudah kerap dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia.

Untuk kota Balikpapan, seminar PESAT akan diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, 4 & 5 Mei 2013, di Quartz Room, Panin Tower/ Grand Sudirman, Balikpapan. Klik di sini untuk informasi mengenai Pembicara dan Pendaftaran.

Harapan akhirnya agar para orangtua dapat menciptakan sebuah dunia yang lebih baik bagi anak-anaknya khususnya dalam hal kondisi kesehatan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: